KATA PENGANTAR

Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh
Puji syukur kehadirat Tuhan YME yang telah melimpahkan rahmat kepada kami sehingga kami bisa lancar membuat blog ini. Semoga blog ini senantiasa bermanfaat bagi para pengunjung. Kami berharap blog ini berguna bagi pembelajaran ami khususnya di kelas XI MIA 5 SMA Negeri 1 Magelang.
Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Selasa, 22 September 2015

TUTORIAL MEMBUAT PAPERCRAFT GAJAH

Pada kesempatan kali ini, saya, Elang Kirana Kasih, akan berbagi tautan mengenai cara merangkai papercraft gajah dan membuat latar atau dekorasinya. Tujuan pembuatan latar atau dekorasi tersebut adalah agar papercraft terlihat lebih menarik dan memiliki suatu cerita. Saya mengambil tema 'Gajah dan Manusia' untuk tugas papercraft kali ini. Saya ingin menggambarkan kondisi di mana gajah pun bisa hidup berdampingan dengan manusia, selama keduanya tidak saling menyakiti ataupun mengganggu. Berikut cara pengerjaannya.


BAHAN:
  1. Kertas buffalo
  2. Kertas karton
  3. Stik es krim
  4. Koran (berupa gulungan kecil-kecil) 


ALAT:
  1. Gunting
  2. Cutter
  3. Lem & double tape
  4. Pensil & penghapus
  5. Penggaris
  6. Tusuk gigi (untuk mengoleskan lem)


LANGKAH-LANGKAH:

Papercraft Gajah

  1. Unduh file papercraft dari web prakaryasmansa.blogspot.com. Klik link yang telah disediakan untuk mengunduh papercraft tersebut. Simpan file.
  2. Cetak file yang telah diunduh pada kertas buffalo. Agar semua bagian tercetak, dibutuhkan 2 lembar kertas buffalo.
  3. Potong bagian-bagian dari papercraft tersebut mengikuti garis terluar yang berwarna hitam. Pastikan seluruh bagian telah terpotong dengan rapi.
  4. Pada beberapa bagian dari papercraft, terdapat garis-garis berwarna merah. Garis-garis tersebut menunjukkan bagian yang perlu dipotong (mengikuti garis merah tersebut).
  5. Rangkailah bagian kaki terlebih dahulu. Bagian yang berwarna putih merupakan daerah yang harus direkatkan. Oleskan lem pada bagian tersebut lalu rekatkan hingga membentuk seperti gambar di bawah ini. Lakukan pada kaki depan maupun belakang.
  6. Setelah kaki depan maupun belakang telah selesai dirangkai, rekatkanlah kedua bagian tersebut dengan posisi seperti gambar di bawah ini. Sisihkan.
  7. Memasuki pengerjaan bagian belalai. Potong dan rangkailah belalai hingga menyerupai gambar di bawah ini. Potonglah garis merah dan lipat menurut garis putus-putus. Rekatkan area yang berwarna putih.
  8. Rangkai pula dudukan untuk belalainya. Bagian ini cukup rumit. Cukup lakukan seperti yang terdapat pada gambar di bawah ini. Lipat menurut garis putus-putus dan rekatkan area yang berwarna putih.
  9. Rekatkan dudukan belalai pada bagian belalai gajah sehingga membentuk seperti ini.
  10. Potong garis merah pada bagian wajah gajah. Lipat menurut garis putus-putus.
  11. Satukan bagian wajah gajah dengan bagian belalainya. Rekatkan bagian-bagian yang dilipat dan juga bagian yang berwarna putih hingga terbentuk rangkaian seperti gambar di bawah ini. Sisihkan.
  12. Beralih ke bagian telinga gajah. Potong garis merah, rekatkan area yang berwarna putih hingga terbentuk bagian seperti ini. 
  13. Lakukan hal yang sama pada bagian badan gajah.
  14. Untuk bagian depan dan belakang badan gajah, lipat pada bagian yang terdapat garis putus-putus. Lakukan pada keduanya.
  15. Rekatkan bagian belakang badan gajah pada selimut badan gajah bagian belakang.
  16. Rekatkan bagian kepala gajah ke bagian telinga gajah. Kemudian rangkai bagian tersebut dengan badan gajah.
  17. Rekatkan bagian depan badan gajah. Perkirakan posisi bagian tersebut agar pas dengan bagian kepala gajah.
  18. Rekatkan bagian kepala gajah dengan bagian depan badan gajah.
  19. Pasang kaki gajah yang sebelumnya telah dibuat. Berilah lem pada bagian atas yang berwarna putih dan berangka 18. Pastikan posisi kaki gajah tidak terbalik (depan menghadap belakang).
  20. Untuk bagian terakhir dari perangkaian papercraft gajah ini, rekatkanlah ekor gajah di bagian belakang gajah. 
  21. Papercraft gajah pun telah jadi.

Miniatur Manusia

  1. Potong kertas buffalo dengan ukuran 21cm x 2cm sebanyak tiga lembar. Salah satu lembar tersebut dibagi dua.
  2. Rekatkan 2 lembar buffalo tersebut (1 lembar dengan ½ lembar), sehingga terbentuk pita kertas yang panjangnya sama.
  3. Gulung pita tersebut. Akan didapat 2 gulungan berukuran sama, bagian ini akan menjadi badan miniatur manusia. Potong gulungan koran yang sebelumnya telah disiapkan sepanjang 1 cm (2 buah), bagian ini akan menjadi kepala. Potong pula gulungan koran tersebut dengan panjang 1.5 cm (4 buah), dan bagian ini akan menjadi kaki. Potong stik es krim dengan ukuran sangat kecil untuk dijadikan tangan. Rangkailah hingga membentuk seperti ini. Sisihkan.



Miniatur Pohon

  1. Gambarlah pola pohon berserta ranting-rantingnya tanpa daun (2 gambar) pada kertas buffalo. Pada bagian tengah batang utama, gambarlah garis vertikal dari ujung hingga tengah batang (berlawanan antara kedua gambar pohon). Potong mengikuti garis yang telah digambar.
  2. Rangkailah kedua bagian pohon tersebut hingga menjadi seperti gambar di bawah ini. Sisihkan.


Miniatur Tenda

  1. Buat pola segitiga dan persegi pada kertas buffalo masing-masing dua dengan ukuran segitiga panjang sisinya 7 cm dan persegi panjang sisinya 7 cm juga. Pada salah satu segitiga, gambar pula persegi tepat di tengan segitiga dengan ukuran 2cm x 2cm. Potong.
  2. Rangkai dan rekatkanlah bagian-bagian tersebut hingga membentuk seperti ini. Sisihkan.

Finishing/Penyelesaian

  1. Buatlah alas dari potongan kertas karton dengan ukuran 30cm x 22.5cm.
  2. Susunlah gajah, pohon, manusia, dan tenda sesuai selera. Usahakan ke-empat-nya tidak ada yang tertutupi. Selesai.



SELAMAT BERKREASI!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar