KATA PENGANTAR

Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh
Puji syukur kehadirat Tuhan YME yang telah melimpahkan rahmat kepada kami sehingga kami bisa lancar membuat blog ini. Semoga blog ini senantiasa bermanfaat bagi para pengunjung. Kami berharap blog ini berguna bagi pembelajaran ami khususnya di kelas XI MIA 5 SMA Negeri 1 Magelang.
Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Senin, 18 Januari 2016

Tutorial Membuat Bouquet Bunga dari Botol Bekas





Bahan:
1. Botol bekas
2. Putik bunga imitasi
3. Tangkai bunga imitasi dari kawat
4. Daun imitasi
5. Cat semprot warna ungu dan putih
6. Kertas buket
7. Pita hias
Alat:
1. Gunting
2. Spidol
3. Lilin
4. Korek api
5. Lem tembak

Langkah pembuatan:
1. Gambar pola-pola mahkota bunga pada botol plastik dengan menggunakan spidol.

2. Potong pola-pola tersebut dengan menggunakan gunting.


3. Setelah dirasa cukup untuk membuat beberapa bunga, panaskan kepingan-kepingan pola tersebut dengan menggunakan lilin agar mendapatkan mahkota dengan bentuk yang natural.

4. Setelah semua mahkota bunga dipanaskan, rangkailah mahkota-mahkota bunga tersebut dengan menggunakan lem tembak hingga membentuk satu bunga utuh yang belum bertangkai. Ulangi langkah ini hingga mendapatkan jumlah bunga yang diinginkan.


5. Sisihkan bunga-bunga yang sudah terangkai dan biarkan hingga lemnya mengering.
6. Setelah kering, mulai warnai mahkota-mahkota bunga dengan cat semprot warna ungu dan putih. Pastikan warnanya merata. Untuk mangkota berwarna putih, berikan sedikit semprotan ungu agar tidak terlalu pucat. Biarkan catnya mengering.

7. Pasang putik bunga imitasi di tengah mahkota-mahkota bunga dengan menggunakan lem tembak. Lakukan pada semua bunga yang ada.

8. Pasang tangkai bunga imitasi di bagian bawah bunga. bentuk lingkaran-lingkaran pada ujung kawat agar mudah direkatkan pada kepala bunga. Rekatkan dengan lem tembak pula.

9. Lilitkan daun imitasi di setiap tangkai bunga.

10. Susunlah tangkai-tangkai bunga tersebut hingga membentuk serumpun bunga, satukan tangkainya dengan melilitkan kawat memanjang di tangkai-tangkai tersebut.

11. Potong kertas buket menjadi bentuk persegi panjang dengan lebar menyesuaikan tinggi tangkai bunga dan panjang menyesuaikan keliling rangkaian bunga yang telah jadi tadi. Lapiskanlah kertas buket tersebut ke rangkaian bunga, kemudian ikat dengan pita hias. Buket bunga telah jadi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar